UMBY Kampus Kebanggaanku ! itulah kata-kata yang sekiranya keluar dari mulut dan hati kita sebagai salah satu wujud rasa syukur dan apresiasi yang telah menjadi mahasiswa Universitas Mercubuana Yogyakarta (UMBY), dan di mana universitas ini sudah mampu bersaing dengan universitas swasta lain di Kota Yogyakarta yang sudah lebih dulu berkembang dan dikenal oleh orang banyak di Nusantara.

Seperti yang kita tahu, semakin berkembangnya waktu, maka juga menuntut berkembangnya segala bidang, baik itu di bidang ekonomi, pembangunan, dan juga pendidikan. Hal sedemikian rupa juga tidak luput dari urusan negara kita Indonesia, yang semakin hari, semua perkembangan aspek kenegaraan juga semakin berkembang, termasuk pendidikan yang menjadi perhatian penuh saat ini, karena sebuah negara akan berani bersaing dengan negara lain jikalau pendidikan sebuah negara tersebut maju dan mempunyai kualitas yang baik.

Indonesia memiliki banyak lembaga pendidikan tinggi, dengan alumni (lulusan) perguruan tinggi yang banyak pula. Akan tetapi, apa yang disayangkan dari majunya pendidikan di negara kita ini? Salah satu jawabannya adalah kendala keuangan. Ya, aspek ekonomi menjadi sebuah hambatan seseorang yang mempunyai cita-cita untuk sekolah tinggi menjadi tinggal angan-angan saja, karena biaya sekolah yang sangat tinggi, serta biaya hidup yang mahal pula, jika universitas pilihan berada di luar daerah menjadi faktor utama generasi bangsa putus cita-cita untuk meraih masa depan yang lebih baik.

Oleh karena itu, sebagai generasi yang cerdas dan bijaksana, maka kita harus pandai untuk mengukur cita-cita dan juga aspek kehidupan yang sedang dijalani. Memang banyak sekali jalur yang ditempuh untuk bisa duduk di bangku universitas ternama, akan tetapi, jika dalam hal pembiayaan kita masih belum mampu, maka setidaknya sobat semua bisa memilih alternatif untuk sekolah di pendidikan tinggi yang mungkin bisa meringankan biaya hidup, tetapi tetap tidak mengurangi kualitas ilmu pendidikan yang diberikan alias High Quality Education. Jika Sobat semua tahu, antara universitas negeri dan swasta sebenarnya adalah sama. Jika berbicara tentang kualitas, itu sudah menjadi porsi masing-masing kampus dalam kebijakan mengelola universitas masing-masing.

Yang terpenting saat ini adalah output setelah sobat semua lulus sebagai seorang mahasiswa. Tidak jarang anak sekarang yang tergetnya sudah terpenuhi sebagai mahasiswa di universitas ternama, dan sudah menghabisakan banyak biaya, tetapi outputnya, sebagai alumni peruguruan tinggi tetapi skill atau keterampilan yang dikuasainya masih minim dan juga minim pengalaman dalam hal pekerjaan. Hal seperti itu juga patut kita pertimbangkan. Banyak memang yang berpendapat bahwa yang berkualitas pasti sudah tentu mahal, karena perguruan tinggi itu tenaga pengajarnya mempunyai kredibilitas yang tinggi, serta fasilitas yang disediakan juga sangat lengkap.

Lalu, apakah dengan mahal dan fasilitas yang lengkap itu menjadi sebuah jaminan kalau kita sekolah di salah satu universitas yang mempunyai kriteria tersebut bisa keluar sebagai lulusan yang full-skill  sehingga masa depannya sudah pasti terjamin? Belum tentu. Perlu diketahui, faktor internal juga menjadi salah satu aspek yang utama bagi kita untuk menunjang masa depan kita setelah kuliah nanti. Coba bandingkan, jika Anda memilih sekolah tinggi, dengan biaya yang murah, dan fasilitas yang memadai (sesuai standar), kemudian tempat belajar yang nyaman, serta biaya hidup yang sesuai dengan kondisi ekonomi kita, maka , kita sudah tidak perlu tanya lagi bagaimana rasanya kuliah ditempat yang bisa dibilang tidak terlalu mewah seperti universitas yang sudah terkenal di luar sana, tetapi membuat kita nyaman, ditambah lagi dengan tenaga pengajar yang ramah (friendly) dan mudah sekali ditemui ketika kita mendapat kesulitan saat belajar. Pastinya hal tersebut sudah bukan lagi menjadi universitas alternatif, tetapi sudah menjadi sekolah tinggi yang favorit, karena justru dengan bagian seperti itu, mahasiswa akan menganggap semua kebutuhan akan belajar sudah terpenuhi dengan baik.

Dengan demikian, mengapa Universitas Mercubuana Yogyakarta mampu bersaing dengan universitas lain di Yogyakarta, baik yang negeri maupun swasta, adalah karena pelayanan yang maksimal, dan juga biaya yang sangta terjangkau. Sehingga kampus ini disebut sebagai Best Natural Competitor For High Education di Kota Pelajar (Sebutan Lain Yogyakarta).

Selain itu, bagi mahasiswa baru yang mempunyai inisiatif untuk kuliah sambil bekerja mengingat akan keuangan yang terbatas, maka Universitas Mercubuana Yogyakarta juga menyediakan jam kuliah untuk kelas Karyawan, yaitu kelas di mana mahasiswa yang berlajar adalah mahasiswa yang sudah bekerja. Sehingga, dengan demikian, proses belajar yang dijalani akan lebih nyaman, dan tidak perlu pusing untuk memikirkan biaya, karena UMBY ini juga mentoleransi biaya kuliah dengan menyediakan cicilan berjangka.

Mencetak kader yang berkualitas dan siap kerja juga menjadi salah satu misi untuk UMBY, jadi, bagi Anda yang mempunyai teman dan kuliah di Universitas ternama, dengan grade yang tinggi, jangan khawatir, karena UMBY juga mampu untuk mencetak alumni yang mempunyai bakat, sehingga nantinya bisa menjadi tenaga yang profesional dan siap pakai.

Sehingga, jika kita berada di antara dua pilihan, lebiha baik mana, Mahal tapi Berkualitas atau Murah Tapi Good Competitor, maka jawabannya adalah murah tetapi good competitor (bisa bersaing dengan baik). Karena percuma jika kita sudah habis banyak biaya, tapi pada akhirnya kita tidak dapat apa-apa, lebih baik kita memilih yang murah tetapi lebih baik, sedangkan untuk ukuran kualitas, maka kembali lagi, bahwa keduanya adalah sama saja, tergantung bagaimana mengelola sumber daya pendidikan tinggi, sehingga bisa menarik banyak kader muda menjadi generasi yang berpendidikan mutu.

Pilih Mahal dan Berkualitas atau Murah Tapi Good Competitor ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *