Screenshot_2

Salam Semangat dan Sukes! UMBY Kampus Kebanggaanku memang selalu memberi warna baru dalam dunia pendidikan dan dunia kreatif anak remaja. Bagaimana bisa? Banyak sekali kegiatan bermanfaat yang diadakan oleh Universitas Mercubuana Yogyakarta, di mana kegiatan itu bervariasi dan rata-rata setiap fakultas yang ada di kampus ini selalu aktif dengan kegiatan perlombaan. Baik itu kategori perlombaan internal, maupun eksternal, mahasiswa UMBY selalu ikut berpartisipasi dalam memeriahkan kegiatan yang membantu mengembangkan pendidikan Indonesia tersebut.

Pembuatan film pendek, fotografer, pembuatan paper, seminar pembangunan mental, dan kompetisi SEO adalah beberapa macam perlombaan yang sudah digelar dan sukses dilaksanakan oleh pihak internal dari mahasiswa UMBY sendiri. Kemudian untuk kegiatan eksternal, para mahasiswa juga tidak pernah melewatkan. Beberapa seminar, pembuatan paper, serta kompetisi teknologi juga diikuti dalam rangka menambah pengalaman agar universitas ini bisa lebih baik lagi dalam bersaing dengan universitas lain baik itu swasta ataupun negeri di Yogyakarta. Selain dari pengalaman, harapan menjadi juara pun juga tidak lupa menjadi sebuah cita-cita bagi Universitas Mercubuana Yogyakarta yang mempunyai misi untuk “Selalu Menjadi Lebih Baik”.

Kemudian, beberapa kegiatan sosial yang tujuannya membangun semangat anak muda dalam berkarya dalam setiap bidang juga tidak luput dari perhatian mahasiswa UMBY. Kepedulian antar sesama memang harus ditingkatkan jika kita mau negara dan bangsa ini maju. Hal inilah yang sedang dirintis oleh segenap pihak kampus UMBY sehingga, tidak hanya mengajarkan ilmu pengetahuan saja, tetapi nilai kemanusiaan, dan budi pekerti juga diajarkan. Sosialisasi Teknologi Informasi, Belajar Berbahasa Inggris Bersama, serta Seminar Gratis Pembangunan Mental menjadi generasi bangsa Indonesia yang kokoh, Buka bersama dengan anak yatim di beberapa yayasan sosial di bulan Ramadhan merupakan kegiatan sosial yang sudah berhasil dilaksanakan di beberapa tempat seperti lembaga, yayasan dan juga komunitas yang ada di Kota Yogyakarta.

Selain itu, yang wajib kawan-kawan tahu tentang sejarah Universitas Mercubuana Yogyakarta adalah bagaimana kampus ini bisa berdiri dengan kokoh, dan menampung banyak mahasiswa dari seluruh Indonesia.

Sejarah Singkat UMBY

Universitas Mercubuana Yogyakarta (UMBY) sebagai Kampus Kebanggaanku ternyata memiliki sederet sejarah yang unik dan patut untuk diketahui bagi kita sebagai mahasiswa di universitas ini. Sebelum menjadi Universitas Mercubuana Yogyakarta, kampus ini adalah sebuah institut pertanian yang diberi nama IPWI (Institut Pertanian Wangsa Manggala Indonesia). Namun, setelah beberapa tahun, lembaga pendidikan tinggi ini merubah namanya menjadi Universitas Wangsa Manggala (UNWAMA) yang lahir pada 1 Oktober 1986 . Pada saat pertama kali didirikan, ternyata Universitas Wangsa Manggala (sebelum menjadi UMBY) baru memiliki 3 Prodi dengan 4 jurusan di bawah arahan Prof. Ir. Gembong Tjitrorosoepomo yang pada saat itu pula beliau adalaha seorang Guru Besar Universitas Gajah Mada (UGM) dengan pengalaman yang banyak mampu untuk memperkokoh kualitas UNWAMA.

Kemudian, setelah berkembang dengan baik, UNWAMA memulai untuk mengembangkan Fakultas dan Prodi. Di bawah arahan dari Prof. Dr. Soelistyo, MBA. , tepatnya pada tahun 1993, terbentuklah Fakultas Psikologi, kemudian bertambahnya program studi seperti Prodi Manajemen , dan Prodi Akuntansi dengan Fakultasnya yaitu Ekonomi.

Perkembangan UNWAMA tidak berhenti sampai di sini saja, pada tahun 1996, terjadi pergantian Rektor, dan dijabat oleh Prof. Dr. Ir. Mochamad Adnan. Banyak kemajuan yang diperoleh UNAMA, hingga pada akhirnya pada tahun 2008 dari pihak yayasan Wangsa Manggala mengganti nama universitas ini menjadi Universitas Mercubuana Yogyakarta (UMBY), hingga saat ini dengan di bawah arahan rektor Dr. Alimatus Sharah, MP. , kita sudah bisa merasakan betapa megahnya gedung UMBY dengan jumlah mahasiswa yang sudah ribuan, dan juga alumni yang saat ini sudah mendapatkan pekerjaan mapan.

Itulah sejarah dari UMBY Kampus Kebanggaanku yang telah mengalami beberapa perubahan nama dan juga manajemen, sehingga bisa lebih baik dari tahun ke tahun serta berani bersaing dengan unversitas ternama di daerah lain dengan tidak mengurangi kualitas.

Demikian ulasan yang dapat saya sampaikan, semoga bisa menambah wawasan dan juga kedekatan kawan-kawan semua dengan UMBY. Salam Sukses.

Sekilas Lebih Dekat dengan Universitas Mercubuana Yogyakarta (UMBY)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *